Sambut Musim Penghujan, BPBD Kabupaten Pasuruan Gelar Sosialisasi Antisipasi Bencana Untuk Masyarakat Desa Bulusari Gempol

Posted By on 27/11/2019

Gempol (27/11) BPBD Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan sosialisasi antisipasi bencana banjir, tanah longsor, puting beliung dalam menghadapi musim penghujan. Acara yang dilaksanakan di Yayasan Alhidayah Desa Bulusari Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan dihadiri oleh masyakarat desa Bulusari. Diharapkan setelah acara sosialisasi ini masyarakat memiliki pengetahuan dan kapasitas untuk penanggulangan dan antisipasi bencana.

Dalam paparannya, Sutoko selaku narasumber menyampaikan pemahaman dan pengetahuan terkait antisipasi bencana ini sangat penting untuk masyarakat, khususnya saat terjadi bencana sehingga masyarakat tahu mana titik rentan yang harus segera diselamatkan dan dievakuasi saat terjadi bencana. Dimana titik rentan itu antara lain adalah, ibu hamil, balita dan orang yang sudah lanjut usia. Senada dengan itu, tim dari BPBD Kabupaten Pasuruan menyampaikan salam dari Ketua Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan yang saat itu belum bisa hadir di acara itu, bahwasannya di musim pancaroba ini masyarakat diharapkan waspada dengan bencana puting beliung, dikarenakan puting beliung dapat terjadi secara tiba-tiba. Berbeda dengan bencana banjir dimana tanda-tanda akan adanya bencana bisa dilihat oleh kasat mata. Sehingga bisa dengan segera dilakukan antisipasi untuk menghadapi bencana banjir.

Harapan masyarakat saat sosialisasi ini, supaya BPBD Kabupaten Pasuruan untuk terus melakukan peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana. Sehingga masyarakat mampu dan tangguh saat menghadapi bencana. Dan peningkatan kapasitas masyarakat untuk menghadapi bencana sudah dilakukan BPBD Kabupaten Pasuruan namun secara bertahap. “Kegiatan sosialiasi untuk peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana ini sangat penting sekali, sehingga dengan adanya pengetahuan dan ilmu terkait antisipasi bencana, sehingga masyarakat bisa peduli, tanggap dan tangguh terhadap bencana”, ujar Syamsul Hidayat selaku Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan. (sup)

Lihat berita videonya disini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *